Apa yang Harus Dipersiapkan Band Sebelum Manggung ?



Manggung, pentas, perform, atau apalah bahasa kalian, ini merupakan momen yang sangat spesial untuk band dimana mereka benar-benar dituntut untuk menampilkan sebuah lagu dengan maksimal.

Keberhasilan sebuah band saat manggung adalah Persiapan. Seperti kalimat kutipan dari sebuah blog musik.

" Practice Makes Perfect "
"Singing is Hard work and 99%  of Singing success comes from off-stage preparation"

(Bernyanyi adalah pekerjaan yang berat. dan 99% kesuksesan dalam bernyanyi adalah persiapan di belakang panggung)

Nah, kali ini kami akan memberikan sedikit tips persiapan yang perlu kalian siapkan sebelum manggung. Adapun beberapa persiapan sebelum manggung yang perlu diperhatikan

1. Menentukan Tema Lagu

Pertama yang harus kalian lakukan, coba cari tahu dulu apa tema acara musik tersebut. Tema acara menentukan lagu apa yang akan dibawakan nantinya. Jangan sampai kalian salah membawakan lagu. Misalnya kalian diundang dalam acara musik bernuansa reegae, maka kalian harus mempersiapkan lagu-lagu yang bernuansa reegae. Jangan membakan lagu dangdut, rock, atau pop saat acara musik reegae karena dapat merusak jalannya acara musik tersebut.

2. Membuat List Lagu

Selanjutnya yang harus kalian persiapkan adalah beberapa list lagu yang akan band kalian tampilkan. Diskusikan dengan band kalian, apakah kalian akan membawakan lagu karya sendiri atau bawain lagu orang lain (cover). Ini penting, agar kalian konsisten dalam mempersiapkan lagu-lagu tersebut.

Misalkan mau membawakan lagu cover, pastikan lagu itu cocok dengan karakter suara atau karakter musik band kalian atau tidak. Tidak hanya itu, kalian juga bisa membawakan lagu cover tersebut dengan versi asli atau versiaransemen sesuai dengan ciri khas band kalian.

3. Mencari Tau Venue Panggung

Coba cari tahu letak venue yang kalian akan manggung. apakah tempat tersebut indoor atau outdoor. Cara ini berguna agar kalian bisa sedikit punya gambaran siapa saja calon penonton kalian serta cara ini memudahkan kalian untuk menentukan lagu apa yang akan kalian bawain.

4. Mempersiapkan Kostum / Pakaian

Siapkan kostum yang nyaman dipakai. Ini berguna untuk band kalian agar band kalian dapat percaya diri saat manggung.

5. Istirahat yang cukup

Istirahat yang cukup ini sangat perlu agar band kalian tetap sehat. Jika perlu minum vitamin agar saat manggung band kalian tetap vit.

6. Persiapkan Gimmick

Kalian juga bisa mempersiapkan Gimmick. Gimmick merupakan sebuah teknik atau cara membuat sebuah pertunjukan agar penampilan kalian menjadi lebih menarik. contoh penampilan yang sering menggunakan Gimmick adalah Nufi Wardhana. setiap kali Nufi manggung, dia selalu bercerita seakan akan kita diajak kedalam suasana lagu yang akan dinyanyikan.

7. Latihan Band secara rutin

Latihan rutin band kalian. pelajari lagu yang akan ditampilkan. ini penting agar saat manggung, band kalian bisa satu visi dan makin percaya diri.


Nah. itulah sedikit tips persiapan band sebelum manggung. Kalau kalian punya tips versi kalian, silahkan tulis komentar dibawah. terima kasih sudah membaca artikel ini.








Diberdayakan oleh Blogger.