Langkah-Langkah Membuat Lagu Sendiri


Memiliki lagu ciptaan sendiri merupakan suatu kebanggaan tersendiri bagi para pemusik. Lagu merupakan gubahan seni nada suara dalam urutan, kombinasi, dan hubungan temporal yang biasanya diiringi oleh musik untuk menghasilkan gubahan musik yang mempunyai kesatuan dan kesinambungan yang mengandung irama. Kali ini, UKM Musik B-Sing akan memberi tahu langkah-langkah membuat lagu sendiri yang baik dan dapat mempermudah teman-teman untuk membuat karya-karya yang berkualitas.

1. Inspirasi Lagu

Inspirasi merupakan langkah awal dalam membuat lagu ciptaan kamu sendiri. inspirasi inilah yang nantinya akan menuntut kamu dalam membuat lagu dari awal hingga akhir menjadi lagu. Inspirasi bisa muncul kapanpun dan dimanapun kamu berada. Bahkan, Inspirasi juga didapat melalui perasaan, lingkungan, pengalaman pribadi dan lain-lain. 

2. Tentukan Tipe Lagu


Setelah menemukan inspirasi, kalian harus menentukan tipe lagu yang kalian inginkan. Tipe-tipe lagu ini bermacam-macam. ada tipe lagu cinta, kesedihan, petualangan, romantis, kebahagiaan, dan masih banyak lagi. Menentukan tipe lagu ini sangat penting untuk lagu yang akan disampaikan nanti dan ini juga berpengaruh pada nuansa musikalitas lagu dan lirik lagu yang akan kalian buat.

3. Tentukan Genre Lagu

Setelah menentukan tipe lagu, langkah selanjutnya adalah menentukan genre musik. Menurut Wikipedia, Genre musik merupakan pengelompokan musik sesuai dengan kemiripannya satu sama lain. Musik ini juga dapat dikelompokkan sesuai kriteria lain seperti geografis. Sebuah genre dapat didefinisikan oleh teknik musik, gaya, konteks, dan tipe musik. contoh genre musik yang sering terdengar di Indonesia adalah Rock, Pop, Dangdut, Reggae, Jazz, dan masih banyak lagi.

4. Buatlah Lirik Lagu

Langkah selanjutnya adalah membuat lirik lagu. Lirik lagu yang berkualitas adalah lirik yang memiliki makna dan lirik tersebut dapat menyentuh hati sang pendengar. Sehingga lirik ini membutuhkan inspirasi dan kalian dituntut untuk membuat kata-kata yang baik yang nantinya kata-kata tersebut akan tertuang ke dalam lirik yang kamu buat.

5. Tentukan Struktur Lagu


Langkah selanjutnya adalah membuat struktur lagu. Struktur lagu terdiri dari verse, chorus, drop, intro, outro dan buildup. Bagian-bagian ini wajib ada di setiap lagu agar lagu yang dibuat semakin bervariasi dan bagus.

6. Menentukan Nada Dasar



Nada dasar adalah nada pertama yang dijadikan sebagai dasar dalam menentukan susunan nada dalam sebuah tangga nada. Dalam menentukan nada dasar ini sangatlah penting untuk mengukur kemampuan atau jangkauan penyanyi dalam membawakan sebuah lagu. 

7. Menentukan Tangga Nada

Tangga nada merupakan serangkaian not yang disusun mengikuti urutan abjad. Urutan abjad ini lazimnya ditulis dengan memekai huruf besar. urutan nadanya adalah " C - D - E - F - G - A - B - C ". urutan tersebut berbunyi " Do - Re - Mi - Fa - Sol - La - Si - Do'.

8. Melakukan Evaluasi

Langkah terakhir ini adalah Evaluasi. Hal ini bertujuan untuk mengecek ulang lagu kita agar kombinasi dari sturktur lagu, lirik lagu, musikalitas pada lagu tersebut dapat dinikmati oleh pendengar.

Diberdayakan oleh Blogger.