Dari gergaji hingga suara ngorok, Indra q ungkap proses kreatifnya saat masih bersama Slank

Jundee fillah 24 March 2023






 

Indra Qadarsih atau yang dikenal dengan Indra Q eks keyboardist Slank, mempunyai cerita yang cukup unik ketika melakukan rekaman saat ia masih menggawangi band rock asal Jakarta itu. Indra q menceritakan pengalaman nya yang bisa dibilang cukup gila itu di konten Youtube Yongkeeys show bersama Yongki Vincent.




Indra q yang saat itu masih bergabung dengan Slank menceritakan bahwa ia pernah mengisi rekaman di salah satu lagu Slank yang berjudul cekal dengan menggunakan suara gergaji yang sedang memotong bangku kayu yang ada di studio karena ia ingin mendapatkan sound efek distorsi yang ekstrim daripada harus membuatnya di keyboardnya.

 

“jadi waktu itu kan di studio Jackson tuh ada bangku tinggi tuh, gua suruh ambil sama Si To, dia kan OB tuh, (To tolong ambilin gua kayu dong sama gergaji, mau ambil sound efek gergaji) kata gua waktu itu, gua langsung pasang mic terus greek greek greeek, sampek lagu habis tuh, tuh bangku jadi kebelah dua” Ujar Indra q.

 

Hal itu sampai membuat OB studio Jackson kaget karena bangku studio nya dirusakin sama anak-anak Slank hehehehe. Lagu cekal sendiri terdapat pada album Piss! Yang penasaran sama permainan gergaji nya Indra q langsung aja dengerin.





 Selain itu, ke kreativitasan Indra q muncul saat melihat Si To tertidur dibawah mixer. Saat itu Indra mendengar Si To sedang ngorok sangat kencang, Indra pun mempunyai akal untuk mengisi lagu Slank yang akan digarapnya dengan memasukan suara ngorok dari Si To.

 

“Suatu saat tuh, Si To lagi tidur dibawah mixer, akhirnya gua pasang pita, pasang mic, gua pasang semua, gua todong mic nya ke Si To, sekitar sejaman gua ngerekam, udeh nih kita akhirnya dapet suara orang ngorok nih langsung kita masuk ruang rekaman” Ujar Indra q

 

Suara ngorok dari OB studio Jackson itu lah yang akhirnya menjadi sound efek dari lagu Slank yang berjudul Nina Bobo yang berada pada album Kampungan. Karena keusilan dari Indra q tersebut OB studio masih tidak habis pikir dengan kelakuan Indra yang diluar nalar.




Memang lagu Slank selalu identik dengan sound efek yang sangat unik. Dari Indra Q kita belajar bahwa sebuah kreatifitas tidak bisa kita batasi,Hal seremeh dan sereceh apapun itu akan membuat kita bisa berpikir kreatif yang penting kita selalu harus bisa meluapkan hal itu dengan tepat. So buat B-sing geng tetap harus kreatif ya sob, jangan karena keidealisan kita jadi halangan untuk kita tetap berkarya.


Diberdayakan oleh Blogger.