5 Musisi Indonesia yang Mendunia

Tahukah kalian bahwa ada beberapa musisi Indonesia yang telah dikenal tidak hanya didalam negeri, namun musisi ini telah dikenal luas di kancah Internasional loh. Ini dia beberapa musisi Indonesia yang mendunia versi UKM Musik B-Sing

1. Mocca

Mocca merupakan band indie yang berasal dari Bandung. Mocca menjadi salah satu band yang sudah akrab di telinga masyarakat Asia ini mengawali perjalanan musical mancanegaranya di Singapura pada tahun 2005. Saat itu album debut mereka dirilis oleh label asal Singapura, Fruits Record. Setelah itu album Mocca juga pernah dirilis juga di berbagai label negara-negara di Asia, salah satunya ada di Malaysia, Jepang dan Korea.

Mocca juga pernah diundang di acara TV Live di Korea dan membawa lagu-lagunya. Dan tak disangka pula, orang-orang korea hafal dengan lagu-lagu yang dibawakan oleh Mocca loh. Tak hanya itu, salah satu lagu Mocca yang berjudul "Do What You Wanna Do" sudah menjadi Original Soundtrack dari salah satu film di Korea yang berjudul Bandhobi. Wah.. kerenn ya... :)


2. The S.I.G.I.T

Musisi kali ini juga berasal dari Bandung loh. Bandung memang bisa dibuktikan telah berhasil melahirkan berbagai musisi Indonesia Go International. The S.I.G.I.T ( The Super Insurgent Group of Intemperance Talent ) ini merupakan salah satu band rock Indonesia yang berasal dari Bandung yang berdiri sejak tahun 2002 lalu. Siapa sangka kalau band ini berhasil menjadi salah satu band Indonesia yang mendunia? The S.I.G.I.T mengadakan Tour International pertamanya di Australia. Enggak cuman manggung aja, tapi mereka juga sempat diwawancarai oleh salah satu radio lokal Australia.

Pada tahun 2009 kemarin mereka sempat menjajaki panggung SXSW Austin di Amerika Serikat hingga ke Macau, Singapura dan Hongkong. Maka tak heran band Indonesia ini akrab di telinga masyarakat Australia.

Selain itu, mereka juga pernah tampil di San Franscisco, California dan berkolaborasi dengan Lords of Altamont band asal Los Angel pada tahun 2009 lalu. The S.I.G.I.T sudah memiliki piringan hitam yang bisa ditemui di Amerika Serikat, Swedia dan di Selandia Baru.


3. Joey Alexander

Siapa sih yang enggak kenal sama Joey Alexander? Remaja berusia 14 tahun yang namanya sudah dikenal di dunia? Joey merupakan pianis jazz Indonesia. Joey hampir sepenuhnya belajar musik jazz sendiri sejak usia 6 tahun ketika ia diberi hadiah keyboard oleh orang tuanya.

Ia pernah tampil di hadapan Herbie Hancock dan Bill Cliton. Pada tahun 2014, Wynton Marsalis mengundang Joey untuk bermain di malam Gala Jazz di Lincoln Center 2014.  Joey pernah ditulis di The New York Times, memenangi Grand Prix dalam Master-Jam Fest 2013, ia juga pernah tampil di Montreal International Jazz Festival dan Newport Jazz Festival 2015. 

Joey merupakan musisi Indonesia yang masuk ke Billboard 200 chart. Tidak hanya itu, saat Joey duduk dibangku sekolah, ia pernah mengantongi 3 piala Grammy, yaitu Best Improvised Jazz Solo pada tahun 2016, Best Jazz Instrumental Album pada tahun 2016, dan ia mendapatkan kembali Best Improvised Jazz Solo pada tahun 2017.


4. Anggun Cipta Sasmi

Anggun merupakan penyanyi Indonesia pertama yang berhasil menembus industri musik international dan album-albumnya telah meraih penghargaan Gold dan Platinum di beberapa negara Eropa. Beberapa penghargaan telah diraih Anggung ara pencapaiannya termasuk diantaranya anugerah prestisius "Chevalier des Arts et Lettres" dari pemerintah Perancis dan "World's Best Selling Indonesia Artist" dari World Music Awards sebagai artis Indonesia dengan penjualan album tertinggi di seluruh dunia. Ia merupakan wanita pertama asal Indonesia yang diabadikan dalam patung lilin oleh Museum Madame Tussauds di Bangkok, Thailand. 

Nama Anggun memang sudah tidak terlalu terdengar lagi di Indonesia karena saat ini dia sudah menjadi salah satu musisi Indonesia yang mendunia yang mengawali karir internationalnya sejak tahun 1994. Ia mengejar karir Internationalnya di Eropa, yaitu di Inggris dan Perancis. Saat ini Anggun telah mepunyai 5 album studio album berbahasa inggris dan 6 lagu studio album berbahasa perancis. sebagai pengakuan kesuksesannya di Eropa, Anggun pernah menjadi representasi Prancis di Eurovision Song Contest 2012 di Azerbaijan dengan lagu "Echo (You and I)".

Berkat kegigihannya, enggak heran Anggun bukan hanya jadi musisi Indonesia yang mendunia, tetapi ia juga merupakan seniman Asia dengan penjualan tertinggi di luar Asia yang membuatnya mendapatkan sertifikasi emas dan platinum dibeberapa negara indonesia dan menjadi orang Indonesia pertama yang sukses di Chart Record Amerika dan Eropa.


5. Agnez MO

Agnez Monica Muljoto atau sering dikenal Agnez MO adalah seorang penyanyi dan artis asal Jakarta. Ia mengawali karirnya sejak usia 6 tahun, Agnez Monica yang sekarang namanya sudah menjelit di dunia entertainment ini pasalnya menjadi salah satu musisi Indonesia yang mendunia. Ia pernah berduet dengan penyanyi Amerika, Keith Martin, Timbaland dan Boy Magnet. Ia juga pernah memenangkan penghargaan dua tahun berturut-turut atas penampilannya di "Asia Song Festival" di Seoul, Korea Selatan. Kalau kamu lagi jalan-jalan ke luar negeri, pasti kamu enggak heran deh sama Agnez Monica. Ia merupakan salah satu penyanyi Indonesia yang Go International loh.

Seiring melesatnya Agnez Mo dipuncak kepopularitasnya, ia merupakan penyanyi dengan mendapatkan jumlah penghargaan paling banyak di Indonesia. Saat ini, ia telah memenangkan 170 Trophy dari 327 nominasi yang ia dapatkan. Beberapa diantaranya yaitu 18 Anugerah Musik Indonesia, 8 Panasonic Awards, 5 Nickelodeon Indonesian Kids' Choise Awards, 1 Shorty Awards, dan 1 MTV Iggy.




Diberdayakan oleh Blogger.