Perkembangan Musik Rock di Indonesia


Musik sudah ada sejak lama dan sudah menjadi bagian dari banyak orang sebagai hiburan saat bosan. Tapi, apakah kalian tau apa musik itu? Menurut (Wikipedia) Musik adalah suara yang disusun sedemikian rupa sehingga mengandung irama, lagu, nada, dan keharmonisan terutama dari suara yang dihasilkan dari alat-alat yang dapat menghasilkan irama.
           Didunia ini banyak sekali jenis musik, salah satunya yaitu musik rock. Musik rock merupakan salah satu jenis musik dengan aliran lagu yang keras. Tetapi banyak masyarakat yang menyukai musik rock ini dan mengikuti perkembangannya. Musik rock bisa dikatakan mempunyai perjalanan yang panjang, yaitu dari tahun 70-an hingga saat ini.
Kali ini kita akan membahas perkembangan musik rock di Indonesia, jadi simak penjelasannya sampai akhir yaaa...
           Musik rock mulai masuk ke Indonesia sekitar tahun 1950-an saat demam Elvis Presley. Tetapi, masa kejayaan musik rock di Indonesia diawali oleh band The Rolles (1967) dengan mungusung genre musik jazz rock. Mereka membawakan musik dengan konsep yang berbeda sehingga mampu memainkan selera penikmat musik kala itu. Band ini juga mampu bertahan dan masih populer hingga tahun 1980-an.
           Perkembangan musik rock di Indonesia semakin pesat saat hadir God Bless, Gang Pegangsaan, Giant Step dan Rawa Rontek yang bergerak cepat mengokohkan genre musik rock di tanah air. Seiring dengan perkembangan musik rock di Indonesia, muncullah sebuah istilah “Underground” untuk mengelompokkan band-band dengan mengusung konsep musik keras, liar dan ekstrim.
           Pada tahun 1980-an bisa dikatakan sebagai era emas musik rock di Indonesia karena di awal tahun 1988 menjadi sejarah pertama dimana musik rock ditampilkan langsung didepan publik.
           Karena musik rock berkembang dengan pesat maka ada jenis musik rock baru. Jenis musik rock baru ini merupakan hasil dari perpaduan genre musik lainnya. Akibat dari banyaknya jenis musik rock ini penggemar musik rock juga bertambah. Berikut ini adalah jenis-jenis musik rock, yaitu :

     1. Garage Rock
    Genre musik ini populer sekitar pertengahan tahun 1960-an. Dengan ciri khas       
    Garage Rockini adalah suasana California dan Texas yang terasa.

2. Pop Rock
    Pop rock adalah perpaduan dari genre musik pop dan rock. karakter genre 
    ini yang lebih ringan di dengar dibandingkan dengan musik rock yang ciri khas 
    ketukannya yang cepat. Genre ini populer sekitar tahun 1967 oleh The Everly 
    Brother.

3   3. Blues Rock
    Blues Rock ini adalah perpaduan dari genre musik Chicago blues dan rock. Ciri  
    khas dari genre musik Blues Rock ini adalah banyaknya penggunaan amplifier 
    yang keras, dan gitar listrik.

4.  Folk Rock
    Folk Rock ini adalah perpaduan dari musik tradisional amerika dengan musik 
    rock. Biasanya menggunakan instrumen akustik. Genre ini biasa disebut juga 
    dengan progressive rock.

Diberdayakan oleh Blogger.