MUSIC AND TRANSFORMATION : KISAH DANGDUT YANG BERUBAH MASA

Ayu Sekar Rini  - Senin, 14 April  2020 | 22:55  WIB

             Siapa sih yang nggak tau genre musik satu ini??. Bisa dikatakan musik satu ini sangatlah familiar di telinga kita karena keberadaannya sangat disenangi dan bisa dinikmati oleh berbagai kalangan entah tua ataupun kawula muda. Istilah dari penamaan musik dangdut sendiri yaitu bermula dari onomatope yaitu suara permainan dari tabla (dalam musik dangdut disebut gendang). Dikutip dari goodnewsfromindonesia.id bahwa lagu Boneka India adalah campuran lagu melayu dengan irama padang pasir dan berbunyi "dang ding dut" dari istilah inilah akhirnya diringkas menjadi dangdut.
           Genre dangdut di Indonesia sendiri berkembang sangat pesat dari masa ke masa. Jika dilihat dari sejarahnya musik dangdut masuk ke Indonesia dipengaruhi oleh adanya musik bollywood dan mengalami banyak perubahan. Perubahan yang terjadi pada harmonisasi musiknya, yang awalnya musik dangdut harmonisasinya di adopsi dari harmonisasi musik india, lalu harmonisasinya berubah menjadi musik india arab dengan penggunaan cengkok. Pada saat memasuki masa dangdut kontemporer, musik dangdut mulai bisa membentuk musik lain seperti keroncong, langgam, dengung, gambus, rock, pop, atau bahkan house musik.
          Hingga saat ini pun musik dangdut masih sangat di gemari dan mengalami banyak perubahan. Dangdut yang dulunya identik dengan penyanyi yang pakaiannya terbuka, namun sekarang penyanyi dangdut lebih bisa menyesuaikan dengan lagu yang ada dan berusaha menyesuaikan budaya di masyarakatnya. Bukan hanya itu saja, musik dangdut juga mengalami percampuran antara musik pop dan dangdut koplo. Dengan percampuran tersebut, musik dangdut sangat di gemari oleh remaja masa kini.
          Saat ini dangdut sangat populer dengan menggunakan bahasa jawa, isi lagunya pun juga menceritakan kisah percintaan kawula muda. Kepopuleran musik yang bernuansa sedih yang biasa di sebut anak muda dengan ‘bikin ambyar’ juga sangat di gemari. Perkembangan musik dangdut dari masa ke masa memang sangatlah pesat. Dangdut yang dulunya dianggap kedaerahan dan musik yang merakyat kini semakin populer dan mendunia.
          Penyanyi dangdut pendatang baru pun juga makin bermunculan dengan membawakan percampuran musik dangdut dengan jenis musik lain. Hal itu membuat dangdut memiliki keanekaragaman dan terkesan menarik minat banyak pendengar. Dengan keanekaragaman kreasi musik dangdut mampu memperkaya khazanah permusikan di Indonesia.
          Kita bahkan sering menjumpai artis youtube yang mencover lagu dangdut dengan kreasi nada yang unik. Kreatifitas memang sangat di butuhkan disini, karena dengan begitu seseorang bisa memikirkan hal apa yang menjadikannya ‘unik’ dalam bernyanyi
          Penyanyi dangdut tanah air masih terus berkarya dan menciptakan musik dangdut yang mengikuti perkembangan zaman dan pastinya bisa dinikmati oleh berbagai kalangan. 

Diberdayakan oleh Blogger.