Inilah alasan mengapa Hari Musik Nasional jatuh tanggal 9 Maret


Beberapa waktu silam kita telah merayakan Hari Musik Nasional yang jatuh pada tanggal 9 Maret 2019 kemaren. Tahukah kalian mengapa Hari Musik Nasional jatuh pada tanggal 9 Maret?

Ternyata tanggal 9 maret merupakan hari lahir pencipta lagu Indonesia Raya, yaitu Wage Rudolf Supratman atau yang sering kita kenal WR Supratman. Beliau merupakan Pahlawan Nasional atas jasanya menciptakan lagu kebangsaan “Indonesia Raya” yang hingga saat ini kita dengar dan nyanyikan. Berkat jasa beliau, para pegiat musik Persatuan Artis Pencipta Lagu dan Penata Musik Rekaman Indonesia (PAPPRI) mengusulkan untuk menjadikan hari musik nasional jatuh pada tanggal 9 Maret.

Hari Musik Nasional sendiri diresmikan pada tahun 2013 silam oleh Presiden ke-6 Indonesia, yaitu Susilo Bambang Yudhoyono dalam Keputusan Presiden Nomor 10 Tahun 2013.
Menurut Keppres Nomor 10 Tahun 2013, Musik sendiri merupakan ekspresi budaya universal yang merepresentasikan nilai luhur dan kemanusiaan yang memiliki peran strategis untuk memajukan pembangunan nasional

Tujuan penetapan Hari Musik Nasional ini adalah untuk meningkatkan apresiasi masyarakat terhadap musik nasional, meningkatkan kepercayaan diri, dan motivasi terhadap musik Indonesia, serta meningkatkan prestasi pada tingkat nasional, regional, dan internasional.

Teruslah berkarya dan kembangkan musik-musik tanah air. Demi Indonesia semakin Jaya!

Diberdayakan oleh Blogger.