Belajar Petikan Kunci Dasar Bermain Gitar Pemula

Awal belajar gitar kita diwajibkan untuk menguasai kunci dasar bermain gitar. Mungkin hanya berlatih strumming atau menggenjreng biasa, namun peningkatan itu perlu seiring berjalannya waktu dan kemampuan bermain gitar pun sudah bertambah. Teknik cara bermain gitar memang ada banyak sekali jenisnya, dan salah satunya yang perlu anda kuasai adalah teknik petikan atau fingerpicking.


Kunci Dasar Bermain Gitar

Pada artikel sebelumnya saya telah membahas tentang Belajar Cara Memetik Gitar Akustik Untuk Pemula . Saya harap anda sudah memahami panduan tersebut sehingga akan lancar ketika belajar teknik petikan. Kunci dasar bermain gitar ini ternyata sangat cocok digunakan pemula khususnya untuk teknik petikan, kalau anda sudah mahir baru anda bisa menggunakan kunci variasi misalnya barre chord atau kunci gantung. Hal itu karena kuncinya yang mudah dan saya harap juga anda sudah mampu memainkan kunci dasar gitar (jika belum silahkan klikBelajar Kunci Dasar Gitar Dengan Trik Ajaib ). Jika anda sudah memenuhi semua persyaratan, okey sekarang akan saya berikan tutorialnya.

Belajar Petikan Gitar Menggunakan Kunci Dasar

Pola kunci dasar

Kita membutuhkan sebuah kunci dasar bermain gitar untuk menjadi patokan dalam memainkan teknik petikan ini. Namun perlu kita ketahui bahwa tidak semua bagian senar bisa kita petik, melainkan hanya senar yang nadanya masuk ke dalam chord yang dimainkan tersebut. Oleh karena itu mungkin saya akan mengingatkan anda tentang pola chord dasar gitar, berikut ini gambarnya.
kunci dasar bermain gitar

Senar yang dapat dimainkan

Senar yang bisa anda mainkan yaitu senar yang anda tekan dan juga senar open string yang di atasnya terdapat tanda O. Sedangkan open string yang tidak terdapat tanda O atau bertanda X itu tidak boleh anda mainkan karena itu bukanlah termasuk dalam kunci dasar bermain gitar yang sedang dimainkan, jika anda ikut memetiknya hal itu akan membuat suara yang dihasilkan menjadi tidak harmonis atau fals.  Yang saya berikan pada gambar di atas adalah chord major saja sedangkan untuk chord minor juga tidak jauh berbeda karena pada dasarnya sama, hanya satu nada saja yang diubah.

Menggunakan nada dasar sebuah chord

Untuk memainkan teknik petikan, maka juga anda harus mengetahui nada dasar sebuah kunci. Ya pasti anda tahu, kunci C nada dasarnya ya C, kunci D bernada dasar juga D. Namun yang perlu anda tahu adalah letak dari nada dasar tersebut. Pasti anda bertanya, untuk apa nada dasar tersebut? Jawabannya, nada dasar itu berguna untuk menambah dan memperkaya suasana bunyi yang anda mainkan. Pada umumnya yang paling lazim digunakan adalah nada dasar pada senar bass atau senar 4, 5, dan 6. Hal itu untuk menambah elemen bass pada petikan yang anda mainkan, biasanya dimainkan pada awal kunci atau setelah perpindahan dari kunci sebelumnya. Oleh karena itu pada sebuah kunci dasar bermain gitar, anda wajib mengetahui nada dasarnya. Berikut ini daftar letak nada dasar pada suatu kunci dasar gitar.
cara bermain gitar
Catatan : Untuk kunci minor letaknya sama.
Penggunaan nada dasar biasanya yaitu pada awal pergantian kunci. Misalkan kita akan memainkan kunci C, maka di awali dengan memetik nada dasar C yang berada pada senar nomor 5 pada fret ke 3. Fret tersebut adalah masuk ke dalam pola kunci dasar bermain gitar chord C oleh karena itu akan memudahkan anda dalam belajar teknik petikan ini. Nah setelah memetik nada dasar pada umumnya diikuti dengan memetik senar lainnya yang masih berada pada zona C (yang tidak diberi tanda X) misalnya senar 1, 2, 3 ataupun senar lain. Itu akan menghasilkan bunyi yang lebih kaya elemen serta harmonis, anda juga dapat mengkombinasikan teknik picking misalnya petikan dikombinasikan dengan strumming atau lainnya. Teknik ini menjadi dasar untuk teknik fingerstyle yang sudah saya bahas sebelumnya disini Cara Mudah Belajar Gitar Klasik Fingerstyle Untuk Pemula .
belajar gitar
Nah setelah anda menguasai teknik petikan yang menggunakan kunci dasar bermain gitar, maka anda bisa ke tahap yang lebih rumit yaitu menggunakan kunci gantung. Menggunakan kunci ini lebih mudah , hal itu dikarenakan nada dasarnya pasti berada pada ujung jari telunjuk anda sehingga anda hanya perlu memetik senar nomor 5 atau 6 untuk mencari nada dasar sebuah kunci gantung.
Pahami dulu kunci dasar dengan benar dan pastikan anda sudah bisa memainkannya lancar untuk bisa melakukan teknik petikan ini. Dengan teknik ini pasti akan menambah variasi dan membuat improvisasi anda dalam bermain gitar semakin keren. Sekian tentang belajar teknik petikan menggunakan kunci dasar bermain gitar silahkan praktek

Sumber: Tutorialgitar.com
Diberdayakan oleh Blogger.